Sabtu, 28 April 2012

GADAI

1.      Gadai
Pada dasarnya, “gadai” identik dengan menjaminkan barang berharga yang kita miliki untuk mendapatkan sejumlah uang. Dan, biasanya, transaksi gadai dilakukan di pegadaian. Tapi, perlu Anda ketahui, saat ini pegadaian bukan merupakan pilihan satu-satunya. Anda juga bisa meminjam uang dari bank syariah dengan cara serupa. Syaratnya, barang berharga yang Anda jaminkan harus berupa emas.

Dengan masuknya bank syariah ke bisnis gadai emas, timbullah kompetisi antar-lembaga yang menyebabkan turunnya biaya gadai. Biaya gadai yang semakin murah pun kontan membuat masyarakat menjadi pihak yang diuntungkan.

Karena adanya kendala teknis—kurangnya SDM sebagai juru taksir, misalnya—produk gadai emas belum bisa diterapkan di seluruh bank syariah. Namun, beberapa bank syariah terbesar seperti BRI Syariah sudah mulai menawarkan produk ini di setiap cabangnya.
Kenapa kita berbicar tentang “gadai”? Karena, cara ini merupakan instrumen utama dalam metode Kebun Emas. Sistem gadai akan sangat berperan untuk me-leverage atau mengangkat daya beli Anda terhadap emas. Anda hanya butuh dana yang relatif minim untuk mendapatkan emas yang Anda inginkan.

0 komentar:

Posting Komentar